infeed1

PANDANGAN TERHADAP SEMUA AGAMA ADALAH SAMA

4:26 PM

Saat ini agama memegang peran penting dalam kehidupan manusia. Walaupun bukan sebagai kebutuhan pokok dalam kehidupan manusia tetapi agama memiliki peran penting dalam membentuk pola pikir manusia. Pola pikirlah yang membentuk perilaku manusia. Agama yang dianut manusia didunia ini beragam, sehingga memunculkan pola pikir yang berbeda pula. Setiap orang berhak memeluk agamanya masing-masing. Akan tetapi ada agama-agama tertentu memaksa dan melanggar hak tersebut.
            Dari segi pluralitas, agama itu semuanya baik dan semua agama itu mengajarkan, yang penting adalah bagaimana perilakunya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga ada orang beranggapan bahwa “saya pindah agama tidak masalah, yang penting adalah bagaimana saya dapat mendapatkan apa yang saya inginkan dan saya bahagia”. Hal ini bisa menyebabkan salah satu agama menjadi kehilangan penganut secara perlahan.
Akan tetapi dari segi agama, akan lebih baik adalah cukup mengetahui bahwa semua agama itu baik dan semuanya mengajarkan kebaikan. Dan jangan sampai kemudian karena agama itu baik, seseorang menjadi berpindah agama. Agama akan tetap lestari kerena ada pengikut. Pengikut adalah bagian pokok dalam sebuah agama, tanpa mereka doktrin-doktrin agama tidak akan bisa tersampaikan. Bahkan ada beberapa agama yang mengharamkan pengikutnya untuk pindah agama karena dianggap menyekutukan tuhan.
Menurut saya, entah karena terpengaruh agama, akan lebih baik jika kita cukup mengetahui bahwa agama itu semuanya baik dan mengajarkan kebaikan. Dan yang kita harus lakukan adalah menghargai keberadaan agama-agama dan para pengikutnya. Kita tidak bisa memaksakan mereka untuk sama dengan kita. Dengan menghargai keberadaan mereka, mereka pun 

Artikel Terkait

Previous
Next Post »