infeed1

BRAHMA VIHARA

3:53 PM
Pengertian

Brahmavihara / kediaman luhur adalah keadaan batin yang sempurna, luhur atau mulia atau keadaan batin para brahma atau dewa. Empat keadaan batin ini dikatakan sempurna atau luhur karena merupakan cara bertindak dan bersikap yang benar dan ideal terhadap semua makhluk hidup.

Empat keadaan batin ini disebut kediaman sebab keempatnya semestinya menjadi tempat tinggal yang tetap bagi batin, seperti yang kita rasakan “di rumah”; empat keadaan batin ini janganlah hanya menjadi tempat yang jarang atau bahkan hanya sekedar di kunjungi, yang hanya segera dilupakan. Dengan kata lain, batin kita harus melebur sepenuhnya dalam keadaan luhur ini. Empat keadaan luhur ini seharusnya menjadi sahabat kita yang tak terpisahkan, dan kita harus sadar terhadapnya dalam aktivitas sehari- hari. Sebagaimana ungkapan dari Karaniyametta Sutta :

Ketika berdiri, berjalan, duduk, berbaring,

Selagi tiada lelap

Ia tekun mengembangkan ini

Yang dikatakan: Berdiam dalam Brahma



Pembagian Brahmavihara

Brahmavihara terdiri atas:

·         Metta
Cinta kasih universal, tanpa nafsu untuk memiliki, tanpa membedakan. Metta dapat diumpamakan sebagai: “ seorang ibu yang melindungi anaknya yang tunggal, sekalipun mengorbankan kehidupannya, seharusnya seseorang yang memelihara cinta kasih yang tidak terbatas itu kepada semua makhluk “. Nasihat sang Buddha tersebut adalah perasaan cinta kasih yang tidak didasarkan pada nafsu seorang ibu terhadap anaknya, melainkan keinginan yang murni untuk membahagiakan anaknya.

·         Karuna
Kasih sayang, bersyukur atas apa yang kita miliki, memiliki empati pada kesulitan makhluk lain. Kasih sayang-lah yang mendorong seseorang menolong orang lain dengan ketulusan hati. Orang yang memiliki kasih sayang yang murni tidak hidup untuk dirinya sendiri, melainkan untuk semua makhluk. Orang-orang yang pantas kita beri belas kasihan tidak hanya orang miskin saja tetapi juga orang yang kejam, pendendam, serakah, irihati, pemarah, serakah, mau menang sendiri, sakit, senang dan lain-lain. Sasaran utama mengembangkan karuna adalah terhadap makhluk yang sengsara dan menderita.


·         Mudita
Turut berbahagia atas kebahagiaan yang dirasakan makhluk lain. Mudita dapat mencabut akar irihati yang merusak. Mudita juga dapat menolong orang lain mencapai kebahagiaan. Sasaran utama mengembangkan mudita adalah terhadap semua makhluk yang makmur dan sejahtera.

·         Upekkha
Tenang seimbang, kondisi batin yang tenang dan tak tergoyahkan, baik oleh hal-hal yang membuat kita berbahagia maupun membawa penderitaan. Orang bijaksana tidak menunjukkan rasa gembira maupun kecewa dengan pujian dan celaan. Mereka tetap teguh bagaikan batu karang yang tak tergoyahkan oleh badai. Demikianlah mereka melatih keseimbangan batin



Referensi :

Nyanaponika Thera. 2000. Brahmavihara. Yogyakarta: Insight Vidyasena Production

http://ipgabi.blogspot.com/2010/07/brahmavihara.html

Artikel Terkait

Previous
Next Post »