infeed1

DHARMADUTA

8:18 PM
Latar belakang

            “aku telah bebas, o para bhikkhu, dari semua belenggu, baik surgawi maupun mansiawi”.”kalian juga, o para bhikkhu, telah bebas dari semua belenggu, baik surgawi maupun manusiawi”.

            “pergilah, o para bhikkhu, demi kebaikan semua pihak, atas dasar kasih sayang kepaa dunia, demi kebaikan, manfaat, dan kebahagiaan para dewa dan manusia. Janganlah dua orang pergi dalam sat arah. Ajarkanlah, o para bhikkhu, dhamma, yang indah pada awal, indah pada pertengahan, indah pada akhirnya, baik yang tersirat maupun tersurat. Nyatakanlah Kehidupan Suci, yang sempurna dan murni”.

            “Ada manusia dengan sedikit debu pada mata mereka, yang jika tidak mendenggar dhamma akan jatuh. Mereka itulah yang akan memaham dhamma”.

            “aku juga, o para bhikkhu, akan pergike Uruvela di Senanigama, dalam rangka mengajar dhamma”.

“Kalian yang telah melaksanakn tugas kalian, kibarkanlah Bedera Orang Bijaksana. Ajarkanlah Dhamma Agnng. Bekerjalah demi kebaikan pihak lain”


Itulah yang dikataka Sang Buddha sewaktu mengutus murid- muridnya untukmenyebarkan Dhamma , sehingga Dharmaduta dilaksanakan.

Pengertian Dharmaduta

Dharmaduta, secara etimologis berasal dari dua kata yaitu “Dhamma” artinya ajarn Buddha sedangkan ‘Duta” adalah petugas atau pengemban. Dharma duta berarti Pengemban dan petugas Dhamma. Dharmaduta dalam terminologi Buddhis dikenal sebagai penyebar atau pengkhotbah Dhamma.

Tujuan Dharmaduta

            Secara khusus bertujuan untuk :

1.      Memperkokoh dan mempertahankan kelangsungan Ajaran Sang Buddha.

2.      Agar para pendengar dapat mengikuti dan melaksanakan Dhamma dan Vinaya secara benar.

3.      Melindungi Ajaran Buddha dari Usaha penyelewengan , sehingga umat menjadi bijaksana.

Buddha menyebutkan tujuan dhammaduta, agar umat menjadi :

1.      Bijaksana dalam melaksanakan peraturan (Sila/ Vinaya) secara benar

2.      Cakap dan terpelajar.

3.      Memelihara Dhamma.

4.      Hidup sesuai Dhamma.

5.      Berpegang teguh pada pemimpin yang telah ditetapkan ( dalam musyawarah ).

6.      Memepelajari sabda- sabda , khotbah- khotbah Sang Buddha, kemudian mnerangkan kepada orang lain.

Sejarah Dhammaduta

Pembabaran Roda Dhamma yang pertama kali di taman Rusa Isipatthana , itulah yang menjadi tonggak pertama sisitem ke-Dharmadutaan. Dharmaduta pertama kali dilaksanakan pada masa pemerintahan raja Asoka yaitu di tandai dengan pengiriman 9 kelompok dharmaduta ke sembilan penjuru, termasuk pengiriman dharmaduta ke Srilanka yang dipimpin oleh Arahat Mahinda Thera, putra dari Raja Asoka.Menurut mahavamsa , setelah mendapat perbekalan yang cukup Arahat Mahinda Thera bersama Thera Itthiya, Uttiya, Sambala, dan Baddhasala, Sumana Samanera  Upasaka Bhanduka terbang ke Srilanka, 236 setelah Mahaparinibbana dari Sang Buddha.

Kesimpulan

            Dharmaduta dilaksanakan pertama kali pada masa pemerintaha Raja asoka dengan mengirimkan 9 kelompok Dharmaduta ke sembilan penjuru. Dan juga ke Srilanka yang dipimpi oleh anaknya Arahat Mahinda Thera. Dharmaduta bertujuan supaya ajaran Sang Buddha tetap lestari.

Artikel Terkait

Latest
Previous
Next Post »